2 mahasiswa Elektro ikuti summer course di Jepang

Kobe university Summer school program dilaksanakandikotakobe, jepang. Program ini berlangsung selama 7 hari dengan aktivitas berbeda untuk setiap harinya. Peserta dari program ini adalah 18 mahasiswa asing dari berbagai Negara seperti Indonesia, Philipina, Jepang, China, Singapura,Vietnam dan Perancis.

Delegasi dari Negara Indonesia diwakili oleh 2 orang Mahasiswa dari Jurusan Teknik Elektro;

  1. 1115031070; Reinaldy Aulia Kurniawan dari Jurusan Teknik Elektro.
  2. 1315031062; Muhammad Ikromi  dari Jurusan Teknik Elektro.

Berikut adalah resume darikegiatan Kobe University Summer School Program 2015;

Hari 1 ,  13-Juli 2015:

  • “Computer Simulations and Supercomputers”
  • “High Performance Computing for the Next-Generation Vehicle Aerodynamics”
  • Mengunjungi K-computer (Integrated Research Center of Kobe Univ).

Pada hari pertama, semua mahasiswa yang terpilih dalam program disambut oleh panita dan mahasiswa pendamping (supporter student) untuk diberikan kartu tanda peserta dan instruksi seputar program, aktivitas pertama dimulai pada jam 10 pagi dengan materi dari Prof. M. Yokokawa “Computer Simulations and Supercomputers” dimana secara garis besar dijelaskan mengenai perbedaan komputer biasa dan supercomputer untuk simulasi beberapa masalah yang membutuhkan tingkat presisi yang tinggi seperti simulasi pergerakan inti bumi. Dijelaskan juga tentang K-computer yang merupakan salah satu supercomputer tercepat, tercanggih dan terbaik didunia.

Pengenalantentangkendaraanberbasis aerodynamic dijelaskan oleh Prof. M. Tsubokura, dalam kuliahnya dijelaskan bagaimana para peneliti dan ilmuan di jepang mengembangkan kendaraan dengan system aerodynamic guna mempercepat laju kendaraan dengan penggunaan supercomputer untuk  memperkirakan dukungan aeodinamika yang tepat. Selanjutnya adalah kunjungan ke RIKEN yang merupakan dimana peserta dapat melihat secara langsung K-komputer.

image002

Pesertaberfotosaatmengunjungi K-computer supercomputer

image004

K-Computer

Hari 2,  14 juli 2015;

  •  “Introduction to Port Logistics”
  • “Safety Assessment of Ships at Sea”

Hari kedua, mahasiswa asing diberikanmateritentang  Introduction to Port Logistics dan Safety Assessment of Ships at Sea oleh Prof. Dr. H. Hashimoto dan Prof. Dr. N. Akita yang membahas tentang bagaimana kobe mengatur pengiriman barang-barang dengan sangat baik dan terintegrasi sehingga dapat menjadi kota pelabuhan dengan system yang baik serta dijelakan tentang bagaimana standar keselamatan  kapal dijepang serta cara penanganannya apabila terjadi kecelakaan.

Dilakukan juga kunjungan langsung ke kapal fukae-maru yang merupakan kapal pelatihan mahasiswa (training ship) dan  pengenalan fasilitas yang ada.

image008

Penjelasan tentang fukae-maru ship oleh kapten kapal.

image010

Hari 3, 15 juli 2015

  • Prof. A. Iizuka “Outline of Disaster prevention and mitigation at Kobe University”
  • Prof. Y.Kuwata “Earthquake Engineering Studies in Japan after the 1995 Kobe Earthquake”

Peserta dibekali kuliah tentang bagaimana cara pencegahan dan penanggulanan bencana dijepang dan  bagaimana perkembangan studi tentang gempa bumi setelah gempa yang terjadi dikobe pada tahun 1995, rakyat jepang belajar dari gempa besar yang terjadi dikobe pada tahun 1995 yang menyebabkan kerugian financial maupun korban kematian yang sangat besar, pada kuliah ini peserta dijelaskan mengenai beberapa system perbaikan yang dilakukan paska gempa bumi seperti memperbaiki struktur bangunan, memperbaiki saluran air bersih serta perbaikan kabel telephone dan jaringan listrik.

Dilakukan juga kunjungan ke E-Defense yang merupakan tempat shaking table terbesar dijepang, shaking table sendiri merupakan suatu meja dengan ukuran yang sangat besar dengan fungsi untuk menguji ketahanan bangunan terhadap gempa.

image014

 

image016

Hari 4, 16 juli 2015

  • Prof. K.Oyama Prof. T. Honda “Production of high quality beef in Japan: status and related problems”
  • Prof. H.Katayama, Prof. M.Yamasaki,Prof. Y. Yoshida “Production of high quality beef “Introduction of food production in Japan”.

Pada hari ke-empat peserta diberikan kuliah mengenai bagaimana daging kobe (kobe beef) yang terkenal didunia diolah dan diproduksi dijepang, tidak hanya itu pada hari ke-empat ini peserta dijelaskan mengenai proses peternakan sapi serta perawatannya untuk menghasilkan daging kobe yang berkualitas tinggi.

Peserta juga melakukan kegiatan planting (menanam) padi langsung dengan menggunakan tangan yang dilakukan di ricefield (sawah) khusus milik kobe university, peserta dibekali dengan ilmu tentang perbedaan antara beras atau padi jepang (japonica rice) dengan beras lainnya. Selain itu peserta juga mengunjungi kebun peer dan kebun blueberry milik kobe university dan melakukan secara langsung panen buah blueberry dan dipersilahkan membawa pulang buah yang telah dipanen.

image018

image020

Foto bersama peserta setelah memanen buah blueberry

Hari 5,  17 juli 2015

  • Prof. W. Rossman “The mathematics of music”
  • Prof. M. Arakawa “Origin and Evolution of Solar System Bodies”

Hari terakhir para peserta diberikan kuliah tentang bagaimana perhitungan nada secara sistematis diciptakan pada alat musik serta bagaimana perkembangan dan evolusi dari solar system yang diterapkan dijepang.

Peserta juga mengunjungi berbagai macam laboratorium di rokkodai campus dan melihat secara langsung alat-alat praktikum berteknologi tinggi dan penelitian yang sedang dilakukan dilaboratorium terkait sebagai contoh adalah penelitian tentang bagaimana menyisipkan semacam chip pada otak lalat (flies) guna mengetahui bagaimana lalat dapat merespon bau dengan sangat cepat,  penelitian tentang bermacam-macam alga yang ditemukan dijepang serta berbagai penelitian lain yang menggunakan alat dan fasilitas canggih dan terintegrasi.

Kesan : program ini berlangsung dalam bulan ramadhan, puasa pada musim panas dijepang lamanya mencapai 16 jam lebih (imsak 2:49 || magrib 19:20) namun semua itu sesuai dengan pengalaman dan ilmu baru yang kami dapatkan kami berharap bahwa apa yang telah kami peroleh dari program ini dapat berguna dan diaplikasikan diindonesia.

image024

Penyerahan sertifikat oleh Prof. Masahiko saito

image026

Lalatpenelitian

image030

Kunjungan peserta pada hari ke-4

image032

image034

image036

Farewell party dan penyerahan sertifikat

Sumber: Catatan resume kegiatan yang ditulis Ikromi dan Reinaldymfxgroup кисточка для краскибиол посудааксессуары кмультфильм май литл пони082у